Pola Hidup Sehat Mencegah Resiko Kanker

Resiko Kanker
Pola Hidup Sehat Mencegah Resiko Kanker. Banyak faktor yang menyebabkan meningkatnya resiko kanker. Namun bahaya kanker dapat dicegah dengan pola hidup sehat.

Sel-sel kanker merupakan bentuk abnormal dari perkembangan sel yang tidak terkontrol. Sel-sel kanker ini dapat memicu berbagai komplikasi penyakit, dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Sebagai informasi, penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan setelah penyakit jantung.

Di Indonesia, penyakit kanker yang ditakuti khususnya wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks (kanker rahim). Kanker payudara dan kanker rahim ini terjadi begitu mendadak, karena gejala kanker payudara dan gejala kanker rahim (gejala kanker serviks) tidak bisa dipastikan secara jelas baik gejalanya maupun fase perkembangannya. 

Namun yang pasti, gejala kanker secara umum haruslah diketahui dan diwaspadai secara umum. Tidak ada kepastian pada saat kapan kanker menyerang, namun ketika telah terjadi sesuatu yang tidak biasanya dengan tanda-tanda yang abnormal, bisa jadi saat itu kanker telah menyebar bagian tubuh. (Untuk mengetahui gejala kanker secara umum dapat dibaca pada artikel Gejala Kanker Secara Umum Yang Perlu Diketahui ).

Sel-sel kanker sulit terdeteksi pada tahap awal karena ia tidak terlalu berbeda dengan sel normal tubuh kita. Bagi tubuh, sel sel ini bukan ‘benda asing’ seperti virus/bakteri yang harus diberantas. Ini yang menjelaskan mengapa orang sehat pun bisa terkena penyakit mematikan ini. Banyak penderita kanker baru menyadari / terdeteksi terkena kanker biasanya sudah stadium lanjut.

Pada dasarnya sel kanker itu sudah ada disemua tubuh manusia sejak baru dilahirkan. Sel-sel kanker adalah berasal dari sel sel normal tubuh Anda sendiri, yang kemudian bermutasi menjadi ganas. Sel-sel normal tidak mungkin menjadi ganas, kecuali ada pencetus dari lingkungan di mana sel itu berada. Sama seperti anak yang suci dan baik yang baru lahir, tidak mungkin langsung lahir sebagai penjahat. Dibutuhkan waktu panjang dan pengaruh buruk dari lingkungan, yang mengubah sel-sel tubuh yang tadinya baik dan normal menjadi ganas.


Untuk mengobati penyakit kanker dapat dilakukan dengan berbagai macam pengobatan, tergantung dari jenis kanker, stadium penyakit kanker, dan potensi atau sumber daya pengobatan yang ada di daerah si penderita tersebut. Jenis-jenis pengobatan dapat dilakukan mulai dari obat-obatan kimia (pil), kemoterapi (terapi kimia) dan obat herbal. Pengobatan ini ada yang berhasil dan ada yang tidak, namun yang pasti pengobatan ini membutuhkan biaya tidak sedikit.

Lalu, bagaimana sebaiknya melakukan pencegahan terhadap kanker ? Jawabannya adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Mencegah Resiko Kanker

  1. Hindari makanan dengan kadar lemak tinggi, makanan cepat saji, makanan instan, makanan yang mengandung pewarna dan pengawet
  2. Memakan makanan yang kadar gizinya seimbang
  3. Menghindari hubungan suami istri bukan dengan pasangan
  4. Menghindari rokok dan tidak merokok
  5. Menghindari stress dan konflik
  6. Minum air murni yang telah difiltrasi 
  7. Hindari terkena sinar matahari secara berlebihan
  8. Hindari terapi hormon
  9. Hindari penggunaan hormon sintesis saat sedang melakukan KB
  10. Rutin mengkonsumsi vitamin
  11. Periksa ke dokter secara berkala

Dengan melakukan pola hidup sehat, resiko terkena kanker menjadi lebih kecil.



(sumber : Penyakit Kanker - http://penyakitkanker.org/gejala-dan-pencegahan-kanker )