Informasi Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Diketahui

Kanker Payudara
Informasi Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Diketahui. Berita mengenai operasi masektomi yang dijalani Angelina Jolie karena kanker payudaranya menimbulkan ketakutan bagi para wanita di seluruh dunia. 


Dr. Rohit Malde, Md, Dnb, FRCR (Uk), Konsultan-Radiasi Onkologi di BNH HCG Cancer Center, Mumbai, memberikan beberapa ulasan terkait pemahaman antara fakta dan fiksi seputar kanker payudara. Menurutnya, informasi dan pemahaman tersebut memiliki hubungan erat terhadap pendidikan dan kesadaran. 

Informasi Seputar Penyakit Kanker Payudara menurut Dr. Rohit Malde

Dr. Rohit Malde, Md. Dnb.FRCR (UK) dalam ulasannya mengatakan bahwa selama ini terjadi beberapa pemahaman yang berbeda menyangkut fakta dan mitos, juga antara fakta dengan informasi yang akurat. Untuk membantu meluruskan hal tersebut, dokter ini mengulas kanker payudara dengan pertanyaan dan jawaban.

Apakah setiap benjolan adalah kanker payudara ?
Lebih dari 80 persen dari benjolan dirasakan oleh wanita itu jinak, namun hal itu harus dievaluasi oleh dokter dengan melakukan USG, mamografi dan kadang-kadang menjalani biopsi jika dianggap tepat. Tapi ingat, tak semua benjolan adalah kanker.

Apakah wanita di bawah 40 tahun tidak terkena kanker payudara ?
Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita dari segala usia bisa mengembangkan kanker payudara dan statistik berbicara itu dimana wanita di bawah 25 sudah bisa didiagnosis mengalami kanker payudara.

Apakah Mammogram mendeteksi kanker payudara secara detil ?
Mammogram hanya mampu mendeteksi 85 %. Ini disebabkan karena lebih sulit mendeteksi kanker payudara pada kelenjar payudara yang lebih padat. Namun dokter bisa memberikan pemeriksaan dengan USG tambahan dan MRI.

Apakah kanker payudara merupakan penyakit wanita ?
Kanker payudara tidak hanya diderita wanita saja. Pria juga memiliki resiko yang sama. Diperkirakan dari seratus kasus, terdapat paling tidak satu orang pria menjadi penderita.

Apakah jika saya tidak memiliki riwayat keluarga kanker payudara, dan saya berolahraga, makan dengan benar dan tidak merokok, saya mungkin tidak akan terkena kanker payudara ? 

Sayangnya tidak, karena 70 persen wanita tak memiliki faktor risiko teridentifikasi. Sebuah gaya hidup sehat pasti membantu dengan kesehatan umum Anda, tetapi tidak untuk melindungi Anda secara mutlak terhadap kanker.







(sumber : Okezone - dilansir dari Healthmeup)