Manfaat Dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Madu Murni
Manfaat Madu Dan Khasiat Unik Madu Bagi Kesehatan. Siapa yang tidak kenal madu ? Hampir semua orang tahu apa itu madu. Apa saja manfaat madu ?


Apa Itu Madu

Madu adalah cairan alami yang umumnya memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu dari sari bunga tanaman (floral nectar) atau bagian lain dari tanaman (extra floral nectar) atau sekresi serangga. Cara membuat madu oleh lebah atau tawon melibatkan proses kimiawi secara alamiah. Bentuknya menyerupai sirup namun lebih kental.


Perbandingan Madu Dengan Gula
Dari sisi kandungan kalori madu tidak jauh berbeda dengan gula, satu kilogram madu dapat memberikan sekitar 3500 kalori sedangkan satu kilogram gula dapat memberikan sekitar 3900 kalori. Di luar kalori ini madu sangat berbeda jauh dengan gula. Berikut beberapa perbandingan yang bisa membedakan madu dengan gula.
  1. Madu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, hampir seluruh zat dalam madu dapat terserap oleh tubuh dan hanya kurang dari 1/200 bagian madu yang akan dibuang oleh tubuh. Gula merupakan hasil dari berbagai proses pemanasan dimana asam organic, protein, enzyme dan vitamin yang ada di alam (tebu atau beat) terekstraksi atau rusak dan bahkan bahan-bahan berbahaya seperti hydrochloric, phosphoric dan sulphuric acids masuk kedalam gula pada proses pembuatannya tersebut.
  2. Madu adalah pemanis alami yang proses pembuatannya tidak melibatkan sentuhan manusia. Gula adalah proses konsentrasi, denaturalisasi dan bahkan polusi terhadap hasil alam(tebu) dimana melalui proses pemanasan dalam pembuatan gula menghancurkan zat-zat yang sangat penting seperti protein, enzyme dan asam-asam organic tersebut.
  3. Madu mengandung unsur-unsur kehidupan termasuk berbagai mineral yang terkandung di dalamnya. Gula putih khususnya yang semula berasaal dari sari tebu berwarna gelap dan mengandung mineral, dalam proses yang disebut defecation, mineral-mineral tersebut ‘terhilangkan’ karena apabila tidak maka tidak akan menjadi kristal-kristal gula putih.
  4. Madu adalah pemanis terbaik dari kelompok gula sederhana karena untuk berasimilasi dalam tubuh tidak memerlukan aktifitas pencernaan yang berat, gula sederhana ini terkandung secara melimpah di dalam madu. Gula putih (dari tebu) perlu pekerjaan yang berat dari system pencernaan dan kerja keras dari pankreas untuk memproduksi insulin, penggunaan gula tebu secara terus menerus membuat kemampuan kerja pancreas menurun yang kemudian menimbulkan penyakit diabetes.

Kandungan Madu
Madu mengandung air 12.5% – 22 % dari beratnya (tergantung jenis produknya). Sebagai contoh madu dari Rumah Madu tipe classic mengandung air +/-18% ; tipe Gold +/-15% dan tipe platinum mendekati 12.5%) dan komposisi terbesarnya adalah monosakarida dalam bentuk glukosa dan fruktosa (75% – 85%). Selebihnya dalam persentase yang kecil adalah sukrosa, maltosa dan yang sangat penting adalah apa yang disebut sebagai phytochemicals dari berbagai jenis tumbuhan, tergantung dari mana lebah memperoleh nectar-nya untuk memproduksi Madu. Phytochemicals adalah nama umum zat kimia alami yang aktif secara biologis yang berasal dari tanaman.

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Analisa madu secara umum (sumber : wikipedia)
  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2% 
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air
 
Sumber rujukan lain adalah berdasarkan jurnal dari National Honey Board (USA) di dalam madu terkandung hal-hal berikut:
- Air 17.1
- Fruktosa 38.5
- Glukosa 31.0
- Sukrosa 1.5
- Maltosa dan gula pereduski lainnya 7.2
- Trisakarida dan karbohidrat lainnya 4.2
Sub Total 99.5
- Konstituen minoritas termasuk vitamin, mineral, asam amino dslb. 0.5
Total 100

 
Setiap tanaman memiliki phytochemical-nya sendiri-sendiri dan memiliki nama khusus tergantung tanamannya. Misalnya tomat dan semangka menghasilkan lycopene, teh dan bawang menghasilkan quercetin, anggur menghasilkan anthocyanin dlsb. Phytochemicals inilah yang antara lain berperan aktif yang membuat madu memiliki berbagai khasiat pengobatan.


Cara Membuat Madu Oleh Lebah

Lebah mengubah sakarida menjadi madu dengan proses mengunyah berkali kali sampai setengah tercerna. Proses ini tidak dilakukan sekaligus. Setelah dikunyah, sakarida masih dalam bentuk cair dan masih mengandun banyak air, maka proses selanjutnya adalah penguapan sebanyak mungkin air dan transformasi dengan enzim.


Lebah membuat madu sebagai sumber makanan. Pada musim dingin atau saat makanan langka, lebah mengambil cadangan madu sebagai sumber energi.
Secara umum ada tiga jenis tipe lebah dalam satu sarang:
  • Seekor ratu
  • Beberapa lebah jantan (untuk membuahi calon ratu baru)
  • Ribuan lebah betina pekerja.
Lebah pekerja bertugas mengurus larva, mengumpulkan nektar yang akan dibuat menjadi madu, serta mencari nektar.

Jenis lebah yang paling efektif menghasilkan madu adalah lebah dengan jenis Apis dorsata. Lebah ini termasuk lebah Asia yang paling bagus memproduksi madu.Lebah ini hanya membuat sarang satu lapis yang meggantung di dahan pohon, di langit-langit yang terbuka, atau di tebing jurang. Untuk saat ini Apis dorsata belum bisa dibudidayakan di kandang tertutup.Dengan sarang berukuran 2 x 2 m lebah ini bisa menghasilkan 20 kg madu untuk setiap sarang.

Apis dorsata berbadan besar, dan hidup di daerah sub-tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Filipina, India, Nepal dan tidak ditemukan selain di daerah Asia.  Di Indonesia lebah ini bisa ditemukan di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan NTB atau NTT.


Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Keasaman (PH) madu berkisar dari 3.2 sampai 4.5. Kondisi asam ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri.

Aktivitas antibiotik nonperoksida disebapkan oleh metilglioksal (MGO) dan komponen sinergi yang tidak dikenali. Kebanyakan madu mengandung MGO yang sangat rendah, namun madu manuka mengandung MGO yang sangat tinggi. Tingkat sinergi dalam madu manuka dua kali lipat lebih dari aktivitas antibakteri MGO.

Antioksidan dalam madu pernah diujikan pada tikus dan mampu mengurangi kerusakan yang terjadi di usus besar. Hal ini sesuai dengan pengobatan tradisional.

Berikut adalah manfaat madu bagi kesehatan :

  1. Untuk mengobati luka
  2. Memperkuat sel darah putih
  3. Menstabilkan tekanan darah
  4. Mencegah osteoporosis
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mengobati anemia
  7. Menambah kesuburan suami istri
  8. Mengobati alergi
  9. Mengatasi gangguan pernafasan
  10. Penambah tenaga / stamina, sama seperti manfaat kelapa
  11. Mengatasi sembelit
  12. Mencegah infeksi pada luka
  13. Mengatasi gangguan jantung
  14. Meningkatkan gairah seks
  15. Menghilangkan gejala penyakit asma
  16. Mengatasi radang tenggorokan
  17. Mengatasi sembelit

Manfaat Madu Berdasarkan Jenjang Usia :

  • Janin : Perlu anda ketahui manfaat madu yang satu ini, ternyata madu berkhasiat untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim).
  • Ibu Hamil : Selain memperkuat janin, madu juga bermanfaat untuk membantu menjaga stamina dan kesehatan wanita yang sedang mangandung, dan yang penting yakni membantu asupan gizi bagi pertumbuhan janin selama dalam kandungan.
  • Bayi : Otak bayi setiap harinya selalu mengalami perkembangan sampai usia 5 tahun. Untuk itu bayi harus membutuhkan gizi yang tinggi untuk membantu perkembangan otaknya. Hal ini bisa dilihat bahwa saat ini banyak sekali makanan dan minuman bayi yang dikombinasikan dengan bahan madu didalamnya.
  • Anak-anak : Ternyata madu juga bisa menjaga nafsu makan anak lho, sehingga tidak ada alasan untuk anak malas makan. Tentunya ini juga membantu tumbuh kembang anak dengan sehat, lincah dan riang setiap harinya serta tahan penyakit.
  • Remaja : Khasiat madu pada anak remaja memang sudah bukan rahasia lagi. Madu ini bisa membuat tumbuh kembang anak sangat cepat. Ini disebabkan karena gizi dan kandungan yang baik dalam madu mampu diserap tubuh.
  • Dewasa : Untuk orang dewasa yang selalu bekerja setiap harinya tentu selalu merasa capek dan merasa stres sehingga badan menjadi lemas dan mudah terjangkit atau terserang penyakit. Untuk itu madu merupakan pilihan terbaik untuk ditambahkan kedalam daftar makanan dan minuman anda. Karena madu mampu memberi dan menjaga stamina agar tetap fresh dan tidak mudah terserang penyaki.
  • Lanjut Usia : Pada usia tua tentunya fungsi organ pencernaan sudah mulai berkurang optimal. Untuk itu madu merupakan makanan/minuman yang baik karena mengandung sumber energi dan gizi yang baik. Dalam hal cerna pun madu sangat mudah untuk langsung diserap oleh tubuh. Sehingga khasiat madu yag satu ini sangat baik untuk manula.

Fakta Lain Mengenai Manfaat Madu

1. Madu Adalah Penopang Kehidupan Madu diperkaya kandungan-kandungan bernutrisi dan bisa menyelamatkan Anda dalam masa-masa kritis seperti menjelang sakit, sakit hingga saat Anda sehat. Kandungan di dalam madu adalah anti oksidan, vitamin, mineral, bahkan air. Percaya atau tidak, madu bisa menjadi salah satu penolong saat Anda membutuhkan nutrisi dan kelembaban.

2. Madu Itu Mengobati Kedahsyatan madu lainnya adalah mampu mengobati secara alami. Madu di masa kini mampu memerangi alergi, bakteri, dan mengobati Anda lewat penyakit dalam dan luar. Kenapa bisa begitu ya? Tiap tetes madu mengandung antibiotik yang mampu menangani infeksi dalam tubuh kita. Madu dan lemon adalah kombinasi tepat untuk menjadi tameng kesehatan, sekaligus mengobati tenggorokan yang sedang sakit.

3. Madu Baik Untuk Kulit Berjerawat Yay! Lambaikan tangan Anda pada jerawat sejak Anda bisa mengatasinya dengan madu. Cukup gunakan madu organic yang diusapkan di tangan dan tunggu hingga hangatnya tangan Anda meresap ke madu. Kemudian gunakan di wajah. Tunggu selama lima menit dan bersihkan dengan handuk hangat basah yang lembut. Rasakan sensasinya di kulit Anda.

4. Madu Bisa Jadi Teman Selamanya Madu bisa menjadi sahabat Anda kapanpun dan di mana pun. Madu mampu menjaga dirinya sendiri tetap aman untuk dikonsumsi karena sifatnya awet dan tahan lama. Jadi, jangan buang madu yang Anda simpan selama 6 bulan karena masih bisa dikonsumsi, sobat.

5. Madu Itu Melembutkan Wanita perlu menjadi dan merasa cantik. Apabila Anda merasa tangan, kaki atau rambut Anda kasar dan kusam, coba lakukan perawatan dengan masker madu. Gunakan madu murni yang berkhasiat untuk melembutkan kembali seluruh tubuh Anda. Jangan heran deh kalau madu jadi salah satu resep kecantikan jaman dulu karena khasiatnya yang satu ini.


Cara Membuat Sehat Dengan Madu Yang Diolah


1. Masker Madu
Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Tubuh berkilau dengan madu
Untuk melembabkan, menghaluskan dan membuat kulit berkilau, oleskan madu pada kulit tubuh Anda. Jika rajin melakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu, niscaya akan membuat kulit bersinar.

3. Mandi madu
Mandi madu berfungsi untuk membuat kulit lebih lembut. Anda bisa menambahkan satu setengah cangkir madu dalam bathtub saat berendam.

4. Scrub madu
Untuk menghaluskan kulit, campur satu sendok teh madu dengan sedikit tepung almond yang bisa dibeli di supermarket. Lalu gosokkan pada kulit dan bilas dengan air hangat. Scrub ini tidak hanya untuk tubuh, namun bermanfaat pula untuk kulit wajah.

5. Pembersih wajah
Campurkan sesendok teh madu dengan satu sendok makan susu bubuk, lalu oleskan pada wajah. Perawatan ini berguna untuk membersihkan sisa make-up pada wajah. Bilas dengan air hangat sesudahnya.

6. Rambut Berkilau
Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit
Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

9. Jus Lemon dengan Madu
Campuran lemon dan madu akan meredakan sakit tenggorokan Anda dengan baik. Minuman ini juga mampu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

10. Teh Jahe atau Teh Madu
Selain merupakan sajian yang lezat, teh jahe atau teh madu bisa menjadi cara yang luas biasa untuk menangani tenggorokan gatal. Madu berfungsi melapisi tenggorokan dan dapat mencegah iritasi.


(dari berbagai sumber)