Manfaat Khasiat Kelapa Bagi Manusia

Buah Kelapa
Manfaat Khasiat Kelapa Tips Kesehatan Di Bulan Puasa. Siapa yang tidak kenal kelapa ? Kelapa sangat digemari khususnya bagi sobat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain dikenal karena airnya yang nikmat pelepas dahaga, kelapa juga dikenal karena buahnya yang lezat dan bisa menjadi penawar rasa lapar. Bukan hanya air dan buah, namun mulai dari daun, batang, batok dan akar kelapa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Namun tahukah anda, di dalam air dan buahnya itu terdapat manfaat luar biasa untuk kesehatan ?

Bagi ibu rumah tangga, kelapa yang sudah tua digunakan untuk berbagai macam hal utamanya menu masakan. Kelapa dijadikan bahan santan untuk membuat rendang, dodol, ketupat dan masih banyak lagi. Bagi industri besar, kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pembuat minyak kelapa untuk menggoreng, sebagai bahan untuk pabrikasi minuman ringan dan segar seperti minuman botol atau minuman kotak, dan cemilan semacam nata de coco. Tidak terhitung kegunaan dari kelapa ini di berbagai aspek kehidupan. Bahkan untuk memijat, masyarakat desa masih menggunakan minyak kelapa sebagai minyak urut. 

Kandungan Dalam Air Kelapa
Air dan buah kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan. Secara umum, air kelapa muda mengandung :
  • 4,7 % total padatan,  
  • 1,7 - 2,6 % gula,  
  • 0,07 - 0,55 % protein, 
  • 0,74 % lemak,
  • 0,46 % mineral. 
Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.

Dalam air kelapa terdapat unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro di dalam air kelapa adalah karbon (C) dan nitrogen (N). Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein nabati yang tersusun dari asama amino seperti alanin, sistin, argilin, serin dan alin. Asam amino pada air kelapa lebih tinggi dari susu sapi. Sementara unsur karbon didalamnya berbentuk karbohidrat seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol dan beberapa lagi lainnya. Unsur mikro yang terdapat di dalamnya berbentuk mineral, seperti natrium (Na), calcium (Ca), kalium (K), magnesium (Mg), besi (Fe), tembaga, phospor (P), sulfur (S) dan chlorine (Cl) yang sangat bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh.


Selain kandungan protein, karbohidrat dan mineral, air kelapa juga mengandung sejumlah vitamin dan asam yang berguna untuk kesehatan, yaitu Vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, botin dan riboflavin. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Dengan kandungan seperti ini, tidak heran mengapa orang jaman dahulu menggunakan air kelapa untuk konsumsi kesehatan seperti perawatan wajah dan pengobatan tradisional, seperti halnya dengan daun sirih.

Maka tak heran pula FAO tahun 2008 menetapkan air kelapa sebagai minuman anti dehidrasi alami.

Kandungan Buah Kelapa
Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua mengandung kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram. Sedang nilai kalori rata-rata yang terdapat pada air kelapa berkisar 17 kalori per 100 gram.  Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95,5 gram dari setiap 100 gram.

Manfaat Kelapa 

Manfaat Air Dan Buah Kelapa Untuk Kesehatan yaitu :
  1. Sebagai pengganti ion tubuh dan anti dehidrasi. Kandungan air kelapa muda memiliki unsur mikro dalam bentuk mineral dan vitamin. Oleh karena itu, bagi sobat yang sedang menjalani ibadah puasa sangat baik untuk mengkonsumsi air kelapa muda, karena pada saat berpuasa tidak banyak asupan minuman sehingga lebih banyak mengeluarkan ion tubuh pada saat beraktivitas. Untuk mengganti ion tubuh dalam bentuk keringat dan metabolisme lainnya agar tetap seimbang air kelapa dan menggantinya. Konsumsi air kelapa muda dapat dengan mengkonsumsi langsung maupun dengan mengkombinasikan dengan buah atau sirup (seperti sup buah).
  2. Sebagai pengganti karbohidrat dan kalori. Kadar karbon dalam bentuk karbohidrat pada kelapa sangat bermanfaat untuk mengisi perut yang sempat kosong selama berjam-jam. Pada saat berpuasa, kandungan karbohidrat tidak seimbang dengan kalori yang dikeluarkan. Oleh karena itu untuk meningkatkan bahan bakar tubuh selama beraktivitas dan menjaganya seimbang sangat baik mengkonsumsi air kelapa muda, termasuk juga daging buah kelapa.
  3. Sebagai obat disentri. Disentri bisa disebabkan oleh bakteri maupun perilaku makan dan juga perubahan cuaca. Karena dibulan puasa perut tidak terbiasa dengan kondisi kosong selama berjam-jam, dapat menyebabkan disentri maupun diare, bahkan maag. Oleh karena itu dianjurkan pada saat berbuka untuk meminum air kelapa, dan untuk pencegahan dapat diminum juga pada pagi hari.
  4. Mencegah kerutan wajah. Pada bulan puasa, asupan air menjadi berkurang selama berjam-jam. Sementara untuk metabolisme, tubuh sangat memerlukan air sebagai pelarut. Tubuh yang kekurangan air akan terlihat pada wajah terlihat kering dan berkerut. Air kelapa muda sangat baik untuk membuat kulit wajah tidak kering dan mencegah terjadinya kerutan. Cara membuat wajah tidak menjadi berkerut dapat dilakukan dengan meminum air kelapa maupun membasuh dengan air kelapa muda.
  5. Selain memiliki manfaat dalam bulan puasa, air kelapa muda juga bermanfaat bagi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah mengobati demam berdarah. Saat menderita demam berdarah, sel-sel darah terinfeksi. Air kelapa muda memiliki kandungan unsur mikro dalam bentuk mineral seperti besi (Fe), kalium (K), calcium (Ca), magnesium (Mg), yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis, air kelapa muda diminum secara teratur dalam memepercepat penyembuhan demam berdarah.
  6. Obat gatal eksim. Gatal-gatal pada tubuh seperti eksim sangat mengganggu, dan bisa menjadi kronis terinfeksi karena terlalu sering digaruk. Oleh orang-orang tua jaman dulu dianjurkan mengkonsumsi air kelapa muda yang dimasukkan beras. Cara membuat obat gatal eksim adalah dengan merendam beras ke dalam air kelapa muda yang masih segar di dalam tempurungnya dan ditutup selama 6-8 jam. Lalu beras yang sudah direndam ditumbuk halus menjadi bubuk. Bubuk ini lalu dioles pada bagian yang terinfeksi secara merata, dilakukan secara teratur setiap hari.
  7. Mencegah rambut ubanan. Air kelapa muda ternyata dapat membantu mencegah rambut ubanan. Cara membuat campurannya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam dapur dan dikeramas atau dicreambath pada rambut.
  8. Obat sakit pencernaan pada anak. Air kelapa muda dapat membantu mengobati gangguan pencernaan seperti penggumpalan susu dalam perut, muntah dan sembelit.
  9. Obat jerawat dan luka bakar. Cara membuat obat jerawat dari air kelapa muda adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit, bubuk teh, bubuk cendana ke dalam air kelapa dan dibiarkan mengendap. Hasil endapan ini dioleskan pada wajah dan bagian tubuh yang terluka.
  10. Obat cacingan. Cara membuat obat cacingan dari air kelapa adalah dengan mencampurkan sedikit air jeruk sitrun ke dalam air kelapa lalu diminum.
  11. Menetralisir racun. Adanya sulfur dan chlorin serta unsur-unsur mikro lain dalam bentuk mineral dapat mengikat racun saat terjadi keracunan, misalnya keracunan ikan, keracunan karena pupuk dan sebagainya. Di beberapa tempat penggunaan air kelapa baik muda maupun tua sebagai penetralisir racun dilakukan secara berbeda. 
  12. Stimulator pita suara agar suara menjadi merdu. Unik kan ? Namun ini bisa dicoba dengan cara mengembunkan air kelapa, namun jangan terlalu lama karena air kelapa cepat basi. 
  13. Air kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti untuk plasma darah karena air kelapa sangat steril dan asli, sehingga tidak akan terasa panas dan merusak sel-sel darah merah serta bisa langsung diterima oleh tubuh.
  14. Membunuh cacing dalam usus
  15. Membantu mengatasi gangguan pada kandung empedu
  16. Membantu membunuh parasit Giardia Lamblia dan mencegah perkembangbiakan atau pertumbuhan dari mycoplasma
  17. Meringankan gangguan pada pankreas dan sistem enzim tubuh
  18. Membantu mengatasi gangguan pada kandung empedu
  19. Membantu meningkatkan gairah seksual suami istri
  20. Menghilangkan rasa mabuk perjalanan baik laut, darat maupun udara
  21. Membantu mengatur tekanan darah serta fungsi organ – organ penting pada jantung
  22. Mengatasi pengaruh racun pada obat sulfa, antibiotika, makanan dan minuman yang sehari-hari dikonsumsi
  23. Melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh
  24. Kandungan saline dan albumen di dalamnya membantu mengatasi kasus kolera
  25. Membantu mengatasi batu ginjal / batu urine dalam saluran kemih
  26. Efek elektrolit dari air kelapa membantu penyerapan obat serta memudahkan masuknya obat ke dalam aliran darah
  27. Mempertahankan kadar cairan alami tubuh
  28. Memudahkan proses buang air besar
  29. Menguatkan kesehatan dan fungsi tiroid
  30. Sangat baik bagi wanita yang sedang hamil maupun menyusui, agar janin atau bayi anda menjadi sehat, dan bersih. Juga untuk meningkatkan ASI. 
Nah, sobat blog DINAMIKA, mengkonsumsi kelapa sangat baik bagi kesehatan. Namun perlu diingat, bahwa konsumsinya tentu saja harus teratur. Konsumsi yang berlebihan justru dapat menyebabkan diare dan turut berat badan (wah, ini sih bukan efek negatif, tapi tips buat sobat yang bertubuh berlemak, ha ha ha...).






 
(referensi blog : kabarsore.com, permathic.blogspot.com, biojanna.org, koplak.com, trik-tips-sehat.blogspot.com, optimisasi.info, tatacinta.com, menuinternasional.blogspot.com)