30 Oktober 2013

Gejala Kanker Secara Umum Yang Harus Diketahui

Gejala Kanker
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya mutasi pada sel, sehingga terjadi perkembangan sel yang tidak bisa dikontrol. Apa saja gejala-gejala penyakit kanker ? 
Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh menjadi sel-sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar dan menyerang seluruh bagian tubuh sehingga menyebabkan komplikasi yang berakhir pada kematian. Di Indonesia, penyakit kanker merupakan penyebab kematian tertinggi selain penyakit jantung (Baca artikelnya pada Kanker Dan Statistik Kematian Akibat Kanker)

Kanker sering juga diistilahkan dengan tumor, meskipun sebenarnya tidak semua tumor adalah kanker. Tumor merupakan pertumbuhan sel yang abnormal, dan terdiri atas tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas inilah yang disebut kanker. Kanker dapat menimpa semua orang dari berbagai umur, namun kasus kanker dan kematian akibat kanker lebih banyak menimpa orang yang berumur lebih dari 40 tahun.

Menurut situs Yayasan Kanker Indonesia (http://yayasankankerindonesia.org), ada beberapa gejala kanker yang harus diwaspadai.

Gejala Kanker Yang Harus Diketahui Secara Umum

  • Saat buang air besar atau buang air kecil terasa ada perubahan atau gangguan
  • Terganggunya alat pencernaan dan susah menelan
  • Suara serak dan batuk yang tidak kunjung sembuh
  • Payudara atau di tempat lain ada benjolan
  • Tahi lalat yang berubah sifat dan bentuknya, menjadi lebih besar dan gatal
  • Keluar darah atau lendir secara abnormal dari tubuh
  • Adanya koreng atau luka borok yang tidak sembuh-sembuh

#Mengenai Benjolan

Pada gejala kanker payudara, biasanya ada benjolan yang tidak disadari awalnya, kemudian lama-lama bertambah besar dan menyebar ke seluruh bagian payudara. Salah satu cara untuk mengetahui apakah kita memiliki potensi kanker adalah dengan menyelipkan dan meraba jari di bagian bawah lengan antara ketiak dengan dada, lalu pada payudara bagian bawah dan sekelilingnya. 

Yang agak susah mendeteksi gejala kanker adalah pada gejala kanker serviks (gejala kanker rahim), karena letaknya di bagian dalam tubuh. Dan tanda-tanda atau gejala kanker rahim ini baru disadari saat mulai terasa keluhan atau kelainan yang tidak biasanya. Pada fase ini sebenarnya kanker rahim sudah pada stadium yang lebih tinggi. 

#Kondisi Bobot Badan Dan Penurunan Berat Badan
Penderita kanker atau pengidap kanker biasanya mengalami penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat, padahal tidak sedang menjalani diet atau terkena penyakit lain (misalnya malaria atau tipus yang biasanya membuat berat badan drop). Contohnya, terjadi penurunan berat badan sebanyak 3-5 kg dalam 1-3 bulan dengan aktivitas sehari-hari yang normal-normal saja.


(sumber : Yayasan Kanker Indonesia (http://yayasankankerindonesia.org/tentang-kanker/)
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 komentar:

BERKOMENTAR DENGAN SOPAN