Pola Hidup Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Penyebab Kanker Payudara
Pola Hidup Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara. Kaum wanita semakin khawatir dengan sakit kanker yang satu ini, bahkan setiap tahun kecenderungan jumlah penderitanya semakin meningkat. 


Bisa jadi ini disebabkan oleha pola hidup. Pola hidup yang dimaksud adalah pola hidup yang tidak memenuhi standar kesehatan. Beberapa studi penelitian bahkan berasumsi bahwa pola hidup tidak sehat ini disebabkan oleh perubahan sosioekonomi masyarakat di dunia.


Pola hidup yang tidak sehat ini tidak hanya menjadi penyebab kanker payudara saja, namun juga beresiko menjadi penyebab kanker serviks.

Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga menjadi penyebab kanker otak, penyebab kanker prostat, penyakit diabetes, gangguan jantung dan banyak penyakit lain.

Berikut adalah pola hidup yang bisa menjadi penyebab kanker payudara.

  1. Pola makan yang tidak beraturan dan mengakibatkan obesitas menjadi penyebab kanker payudara kedua setelah merokok. Wanita dengan berat badan berlebih memiliki 30% resiko terkena kanker payudara lebih tinggi daripada wanita dengan berat badan normal.
  2. Pil KB seringkali menjadi alat kontrasepsi pilihan pertama wanita yang ingin menunda kehamilan. Hormon sintetis yang terkandung di dalamnya dapat menjadi pemicu kanker payudara.
  3. Jika Anda baru saja melahirkan, pastikan bahwa Anda menyusui bayi Anda setidaknya selama 6 bulan. Sebuah studi menunjukkan bahwa menyusui dapat menurunkan resiko kanker payudara di kemudian hari.
  4. Dengan tuntutan hidup yang semakin tinggi banyak wanita yang memilih untuk menunda kehamilan hingga di atas usia 30. Seperti dilansir dari idiva.com, wanita yang memiliki anak di atas usia 30 lebih rentan terkena kanker payudara.
  5. Selain dapat memicu berbagai macam penyakit, alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara.
  6. Wanita yang merokok lebih beresiko tinggi terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak merokok. Hal ini disebabkan karena terdapat logam beracun dalam rokok yang disebut kadmium yang dapat menyebabkan kanker payudara.
  7. Setelah menopause, wanita berhenti memproduksi hormon estrogen yang dapat menyebabkan stres, depresi, mood swing, dan penurunan libido. Oleh karena itu untuk mengendalikan hal tersebut, banyak wanita yang kemudian menggunakan obat HRT sebagai terapi hormon. Padahal hal ini dapat memicu resiko payudara.
  8. Wanita tidak bisa dilepaskan dari make up. Tapi tahukah Anda bahwa make up mengandung bahan kimia bernama paraben yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara?
  9. Bekerja begitu keras hingga sampai lembur dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara hingga 2x lipat bagi wanita berusia di atas 30 tahun.

Setiap wanita dapat beresiko terkena payudara. Oleh karena itu agar Anda terhindar dari resiko penyakit ini, ada baiknya untuk mulai menerapkan pola hidup sehat. 

Hingga saat ini belum ditemukan obat sakit kanker yang benar-benar ampuh untuk membunuh kanker, selain dengan terapi kimia. Kebanyakan obat yang bisa digunakan untuk mengurangi resiko kematian ataupun mengurangi penyebarannya adalah obat tradisional kanker.  

Ada beberapa obat alami kanker yang berasal dari tanaman herbal maupun tumbuhan, diantaranya sirsak. Beberapa penelitian menemukan bahwa sirsak memiliki kandungan yang ampuh untuk membunuh sel-sel kanker. 

Namun, kembali ke pola hidup, tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan ?


(sumber : merdeka.com-edisi 20 Oktober 2013)