Manfaat Kandungan Kiwi Agar Awet Muda

Manfaat Kandungan Kiwi Agar Awet Muda - Ternyata untuk membuat awet muda dantubuh langsung dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kiwi, khususnya bagi perempuan,


Buah Kiwi

Hampir 80% wanita di Indonesia saat ini menyandang status sebagai pekerja, begitulah menurut riset terbaru sebuah majalah. Sehingga tidak mengherankan jika banyak dari wanita ini harus berangkat pagi dan pulang malam setiap harinya. Untuk menunjang aktivitas tersebut diperlukan asupan yang baik agar tubuh tetap sehat dan berstamina.




Salah satu asupan yang diperlukan tubuh adalah buah-buahan. Sayangnya menurut riset yang dipaparkan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK, 93,6 persen penduduk Indonesia yang berusia 10 tahun ke atas kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Padahal kedua asupan itu sangat penting untuk tubuh.




Masih banyak orang, termasuk para wanita, yang menganggap buah hanya sebagai pelengkap sehingga tak dikonsumsi secara teratur. Padahal buah-buahan memberikan manfaat sehat buat tubuh Anda, misalnya salak .



Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan


Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat, terutama untuk wanita yang sedang menjalani program diet. 

Dokter yang berpraktik di MRCCC Siloam itu mengatakan, kiwi juga mempunyai fungsi lain yang sangat baik bila dikonsumsi setiap hari. Berikut manfaat buah kiwi yang perlu Anda ketahui sehingga bisa menambahkan buah tersebut dalam daftar asupan keseharian Anda, seperti yang dijelaskan oleh dr. Fiastuti.

1. Menjaga Berat Badan


Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tambahkan buah kiwi ke dalam menu pagi dan malam hari. Kiwi mengandung banyak serat sehingga ketika Anda makan makanan berat, tidak terlalu berlebihan, karena tubuh sudah lebih dulu terisi.




"Karena seratnya tinggi itu menyebabkan rasa kenyang yang lebih cepat, jadi misalnya kita lagi diet, kita pengen makan, ya sudah kita makan buah saja dulu supaya seratnya banyak supaya nanti saat kita makan menjadi lebih sedikit," papar dr. Fiastuti saat ditemui wolipop usai acara Zespri di Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Selasa (1/5/2013).




2. Mencerahkan Kulit


Model sekaligus presenter Olga Lydia mengatakan, setelah ia mengonsumsi buah kiwi selama lebih dari dua tahun, manfaat yang dirasakannya adalah kulitnya lebih cerah. Jika biasanya wanita berumur 37 tahun itu tidak cocok mengonsumsi suplemen vitamin E, namun tidak dengan buah kiwi. Buah tersebut mengandung dua kali vitamin C dari jeruk dan lima kali vitamin E dari apel.




"Ke kulit pastinya ada vitamin C dan vitamin E, kebetulan saya jarang cocok dengan vitamin E, tapi di sini lemaknya rendah sekali, dan natural sekali ya jadi vitamin E dari kiwi cocok buat saya. Kalau saya ngambil vitamin E dari suplemen saya jerawatan karena berminyak sekali karena dia larutnya dalam minyak, kalau kiwi nggak," tutur Olga saat diwawancara wolipop saat acara Zespri.


3. Mengurangi Sembelit


Tidak sedikit wanita yang mengalami sembelit karena kurangnya asupan sayur dan buah. Menurut dr. Fiastuti, kandungan actinidin dalam buah kiwi bisa mengatasi sembelit. Hal itu juga dirasakan oleh Olga Lydia. Olga mengatakan, tiga hari mengonsumsi kiwi dengan teratur bisa melancarkan saluran pencernaan.




"Ya lebih enak nggak sembelit, itu sudah pasti, nggak usah lama-lama, tiga hari mengonsumsi kiwi sehari dua butir juga sudah terasa manfaatnya untuk kesehatan," ujar pemain film 'Ekskul' itu.




4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, buah kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bagus dikonsumsi oleh wanita aktif. Ia menyarankan sebaiknya makan minimal dua buah kiwi dan tiga porsi sayur setiap hari agar tubuh tetap sehat dan bugar seharian.




5. Melawan Penuaan Dini


Buah kiwi mengandung antioksidan yang bisa melawan penuaan dini. Selain itu, antioksidan dalam buah kiwi juga bisa mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Maka dari itu, dr. Fiastuti menyarankan untuk mengonsumsi buah kiwi setiap hari.




6. Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil


Dokter Fiastuti menuturkan, buah kiwi kaya asam folat sehingga bagus dikonsumsi untuk wanita yang sedang hamil. Asam folat mampu membantu tubuh dalam memproduksi dan menjaga kesempurnaan DNA. Oleh karena itu, ibu hamil atau ibu yang berniat hamil perlu mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup banyak setiap hari.




(sumber : wolipop-detikcom)