Penyebab Kanker Kulit

Gejala Kanker Kulit
Penyebab Kanker Kulit. Sakit Kanker memiliki banyak ragam dan jenisKanker kulit merupakan jenis kanker yang umum terjadi, dan kecenderungannya semakin meningkat saat ini.


Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosabasal dan melanosit. Jenis kanker ini biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker ini merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. Kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Untuk mengenali kanker kulit juga harus mengetahui faktor resiko yang bisa menjadi penyebab kanker kulit. Faktor risiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  • Sinar Ultraviolet B yang sebagian besar dipancarkan oleh sinar matahari
  • Bahan kimiawi, misalnya tar, arsen, hidrokarbon aromatik, dll
  • Radiasi Ionisasi (sinar radioaktif)
  • Beberapa macam virus


Penyebab Kanker Kulit yang perlu diketahui

Secara umum, para ahli kesehatan belum menemukan secara pasti penyebab kanker kulit. Namun hal-hal ini diduga bisa menjadi penyebab sakit kanker kulit :

1.  Usia

Pada umumnya penderita penyakit ini adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas. Semakin umur bertambah, daya tahan tubuh menjadi berkurang dan menjadi rentan. Ada juga yang berumur di bawah 60 tahun beresiko, namun sedikit.

2. Asap Rokok

Beberapa peneliti beranggapan bahwa asap rokok bisa menjadi penyebab kanker kulit. Bukan hanya perokok, namun yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok juga bisa beresiko. Rokok juga disinyalir bisa menjadi penyebab kanker payudara dan penyebab kanker serviks selain juga berpengaruh terhadap jantung.

3. Bahan kimia

Bahan-bahan kimia terdapat pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti sayuran atau buahan yang pada saat prosesnya menggunakan pestisida berlebih. Bisa juga terdapat pada alat-alat atau bahan-bahan kosmetika seperti bedak.

4. Bakteri dan Virus

Bakteri dan virus serta kuman bisa menjadi perantara atau pembawa sel-sel kanker. Oleh karena itu sangat diharuskan untuk menjaga kebersihan.

5. Cahaya Matahari

Cahaya matahari terdiri dari berbagai sinar yang mengandung radiasi tinggi, diantaranya sinar ultraviolet. Oleh karena itu untuk berpergian atau beraktivitas di daerah terbuka, sangat disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari atau dengan menggunakan bahan pelindung anti ultraviolet.

6. Keturunan

Meskipun masih berupa asumsi, namun beberapa peneliti menemukan pasien yang memiliki ikatan kekerabatan.


Berbeda dengan penyebab kanker payudara ataupun penyebab kanker serviks, kanker kulit masih bisa dihindari atau disembuhkan, karena letaknya berada pada jaringan kulit sehingga memudahkan identifikasi pada tahap awal.


sumber : 
  • www.dharmais.co.id
  • www.anneahira.com